Home » » Karakteristik Komedi Inggris (Mr.Bean)

Karakteristik Komedi Inggris (Mr.Bean)

Karakteristik Komedi Inggris

1. Penokohan (karakter tokoh)
Umumnya film komedi Inggris menampilkan penokohan yang kuat dan memiliki kekhasan tersendiri. Ini dapat dilihat pada karakter Mr. Bean (Rowan Atkinson) yang begitu kuat, bahkan menjadi legenda hidup di dunia komedi internasional. Konsistensi karakter dan kebiasaan khusus peran Bean inilah yang membuat Atkinson selalu diidentikkan dengan tokoh Mr. Bean, meskipun dalam kehidupan sehari-hari sifatnya sangat bertolak belakang dengan karakter yang menciptakan trademark-nya tersebut.
Begitu pula dengan tokoh-tokoh dalam film Death at a Funeral (2007). Film yang bercerita tentang kekacauan di sebuah upacara pemakaman ini didukung oleh akting pemainnya yang masing-masing membangun penokohan yang kuat dan khas.
Aspek karakter/penokohan inilah yang menjadi tujuan pada film komedi Inggris secara umum. Titik dan penokohan memiliki penonjolan yang lebih daripada ending cerita.

2. Alur/plot cerita
Alur cerita biasanya susah ditangkap. Hal ini disebabkan oleh kesederhanaan ide cerita, namun disajikan dengan visualisasi yang tepat. Kadang-kadang juga memecah plot menjadi beberapa bagian (subplot), sebagaimana yang nampak pada film Mr. Bean.

3. Visualisasi
Pada umumnya film komedi Inggris menonjolkan visualisasi yang ceria, sesuai dengan watak orang Inggris pada umumnya denga didukung kualitas sinematografi yang baik. Nuansa psikologis yang kuat terkadang juga mewarnai visualisasinya, sebagaimana yang nampak pada film Human Traffic (1999).
4. Kekhasan
Komedi Inggris memuat citarasa humor yang gelap, kering, tajam, brilian, satire, berani (sedikit kasar), dan kocak yang tergambar dalam setiap dialog-dialog cerdasnya.
Ketika komedi romantis ala Hollywood meletakkan tujuan pada ending, film komedi Inggris justru meletakkan tujuan pada berbagai titik dan karakter. Karena semenjak awal telah tersebutkan beberapa karakter yang memiliki cerita dan permasalahan tersendiri, dengan benang merah yang menghubungkan masing masing yang pada akhirnya tetap memiliki ending sendiri sendiri, baik itu happy ending ataupun ending yang menggantung.
Ciri khas komedi Inggris lainnya yang menjadi kekuatan sebuah film adalah totalitas dalam tata artistik dan koreografi.
Selain itu, film komedi Inggris lebih bersifat drama-komedi, berbeda dengan Hollywood yang lebih beraliran romantic-komedi. Unsur dramanya juga disajikan dalam bentuk yang berbeda dengan drama Hollywood, lebih mengedepankan fragmen-fragmen cerita yang menunjukkan sekelumit permasalahan hidup serta digambarkan dengan detail yang bagus.

5. Komunikasi
Dialog-dialognya cerdas (ex.Human Traffic), penyampaian secara implisit sehingga kadang penonton yang belum terbiasa menonton komedi khas Inggris akan heran mencari dimana letak kelucuannya. Selain itu, dialognya juga cenderung kasar, satir dan menarik.
Rowan Atkinson dalam Mr. Bean
Rowan Atkinson dalam Mr. Bean
Share this article :

0 komentar:

Posting Komentar

 
Support : Ditdot Blogger | Ditdot Blogger | Dit Blog | Dit Blog | Project Blog | Project Blog
Copyright © 2012. Ditdot Blog - All Rights Reserved
Template Modify by Ditdot Blogger Inspired Ditdot Blogger
Proudly powered by Blogger