
"Kami telah mengantisipasi kenaikan trafik dengan baik, untuk memastikan bahwa pelanggan kami tetap dapat berkomunikasi dengan nyaman dan lancar dalam situasi apapun. Kapasitas jaringan kami tingkatkan baik untuk kapasitas suara, SMS maupun data," tukas Djarot Handoko, Division Head Public Relations Indosat, dalam keterangannya yang dikutip detikINET, Rabu (4/1/2012).
Saat perayaan kemarin, kapasitas layanan voice Indosat ditingkatkan sebesar 0,68% dan kapasitas SMS ditingkatkan sebesar 73,02% dibandingkan masa Natal dan Tahun Baru tahun sebelumnya. Sementara kapasitas layanan data ditingkatkan hingga 8,36 Gbps yang mampu menyediakan volume data kurang lebih 100 Terabyte/hari.
Adapun yang terjadi di lapangan, trafik operator yang mayoritas sahamnya dimiliki oleh Qatar Telecom itu mencapai fase tertinggi terjadi pada Hari H Tahun Baru (1 Januari 2012), yaitu sebesar 356,13 juta menit atau naik 16,26% dibanding trafik hari biasa.
Trafik tertinggi SMS terjadi pada H-1 Tahun Baru (31 Desember 2011), yaitu sebesar 850,38 juta SMS atau naik 21,19% dibanding trafik hari biasa. Sedangkan trafik data melonjak tertinggi pada H+1 Natal (26 Desember 2011), yaitu sebesar 36,21 Terabyte atau naik 18,76% dibanding trafik hari biasa.
"Kami berterima kasih kepada seluruh pelanggan yang tetap setia menggunakan layanan Indosat. Menjadi komitmen kami untuk terus meningkatkan kualitas layanan bagi lebih dari 51 juta pelanggan kami di seluruh Indonesia," lanjut Djarot, menutup penjelasanya.
Setali tiga uang dengan Indosat, Axis juga ikut 'panen' lonjakan trafik dari para pelanggannya yang menyukai menyampaikan ucapan selamat tahun baru melalui berbagai situs media sosial
Kenaikan yang ditorehkan anak usaha Saudi Telecom itu yang dibandingkan malam tahun baru sebelumnya, tahun ini Axis mencatat kenaikan lebih dari 120% untuk trafik layanan telepon, 260% untuk trafik data, dan 95% untuk trafik SMS.
"2011 merupakan tahun yang sangat menantang untuk dapat menangani kenaikan signifikan pada trafik di jaringan komunikasi Axis untuk memastikan kualitas terbaik bagi pelanggan," kata Michael McPhail, Chief Technology Officer Axis.
Michael menambahkan bahwa dirinya senang dapat menyampaikan jaringan komunikasi Axis berfungsi baik tanpa ada kejadian berarti selama periode tahun baru dan pelanggan dapat menikmati semua layanan untuk terus terhubung dengan teman dan keluarga.
Daniel Horan, Chief Marketing Officer Axis menambahkan, tren yang terjadi dari pengguna adalah perpindahan besar-besaran ke penggunaan media sosial di jaringan Axis untuk menyampaikan ucapan selamat Tahun Baru melalui Facebook, Twitter, WhatsUp atau BlackBerry Messenger.
Axis sendiri telah menginvestasikan lebih dari USD 1 miliar pada pembangunan jaringan selama 3 tahun belakangan. Tahun ini, perusahaan telah mencadangkan pendanaan sebesar USD 1,2 miliar untuk lebih jauh memperluas jaringan dan kapasitasnya, serta mengimplementasikan teknologi HSPA untuk menghadirkan layanan data terkini dan mobile broadband.
0 komentar:
Posting Komentar